belajar jadi yang terbaik untuk orang yang saya sayangi

selamat bergabung

Selasa, 27 November 2012

RPP MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     SMP dan MTs
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :     VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi                  :  ALJABAR           
                                                      4.      Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                        :     4.1.                  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya.

Indikator                           :  1.      Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
2.            Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
3.            Menyatakan notasi himpunan.
4.            Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.
5.            Mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
6.            Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.

Alokasi Waktu                           :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
b.      Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
c.       Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d.      Peserta didik dapat mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.
e.       Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
f.       Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.           

B.      Materi Ajar
        
         Himpunan:
         -     Mengenal  himpunan.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pertemuan Pertama
        
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya, juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya, juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya.
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menuliskan kumpulan bilangan yang diberikan ke dalam bentuk himpunan.
d.      Peserta didik mengerjakan soal-soal dari buku paket mengenai penulisan himpunan dalam tiga cara (menyebutkan anggotanya, menyebutkan syarat anggota-anggotanya, dan menggunakan notasi pembentuk himpunan), penentuan banyak anggota himpunan, serta himpunan kosong dan penentuan himpunan semesta dari himpunan yang diberikan.
e.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai pengidentifikasian apakah kumpulan-kumpulan yang diberikan (bentuk kalimat) merupakan himpunan atau tidak; penulisan himpunan yang diberikan dengan cara mendaftar, menyebutkan syarat keanggotaannya, serta menggunakan notasi pembentuk himpunan; pengidentifikasian himpunan berhingga atau tak berhingga dari himpunan-himpunan yang diberikan; pengidentifikasian himpunan kosong; penentuan himpunan seemsta dari himpunan yang diberikan, dan sebaliknya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket mengenai menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket
-        Buku referensi lain.       

F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat.
Contoh Instrumen : 

1.      Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.

2.      Di dalam kelasmu, ada himpunan siswa yang mempunyai satu kakak. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.

3.      Nyatakan dalam notasi himpunan: himpunan bilangan asli antara 2 dan 11.

4.      Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau  atau .

5.   Tentukan tiga himpunan semesta yang mungkin untuk himpunan A = {0, 2, 4, 6, …}.                            




















































Kompetensi Dasar                        :     4.2.                  Memahami konsep himpunan bagian.

Indikator                                    :  1.      Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
                                                      2.      Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

Alokasi Waktu                           :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
b.      Peserta didik dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

B.      Materi Ajar
        
         Menentukan himpunan bagian.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pertemuan Pertama
        
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan.          
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penentuan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penentuan himpunan bagian dari suatu himpunan dan banyak himpunan bagian suatu himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
e.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penentuan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan sembarang, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal  yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.



E.      Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket.
-        Buku referensi lain.

F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu, kuiz.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 

1.         Tulislah semua himpunan bagian dari himpunan K = {3, 4, 5}.

2.      Tulislah banyaknya himpunan bagian dari himpunan Q = {Nama bulan dengan awalan J}.
























                                                                                         




















Kompetensi Dasar                        :     4.3.                  Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.

Indikator                                    :  1.      Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.
                                                      2.      Menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.
                                                      3.      Menjelaskan komplemen suatu himpunan.

Alokasi Waktu                           :  4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.
b.      Peserta didik dapat menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.
c.       Peserta didik dapat menjelaskan komplemen suatu himpunan.

B.      Materi Ajar
        
a.       Menentukan irisan dan gabungan dari dua himpunan.
b.      Menentukan komplemen suatu himpunan.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Ø   Pertemuan Pertama
                    
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian irisan dan gabungan dua himpunan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.     
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menentukan irisan dari dua himpunan dan cara menentukan gabungan dari dua himpunan.
d.      Peserta didik mengerjakan soal-soal dari  dalam buku paket mengenai penentuan irisan dan gabungan dua himpunan.
e.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penentuan irisan dan gabungan dua himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal buku paket pada yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.


Ø   Pertemuan Kedua
                    
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan komplemen suatu himpunan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut .
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai penentuan komplemen suatu himpunan.
c.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari  mengenai penentuan komplemen suatu himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket.
-        Buku referensi lain.

               F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 

1.            Jika A = {a, b, c} dan B = {b, c, d}, maka
         A B = ....
         A B = ....



2.            Jika A = Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, dan B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka

3.            Tentukan komplemen dari  A = himpunan bilangan prima antara 20 dan 50.










                                                                                                 
Kompetensi Dasar                        :     4.4.                  Menyajikan himpunan dengan diagram Venn.

Indikator                                    :  1.      Menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn.
                                                      2.      Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.

Alokasi Waktu                           :  4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

         a.   Peserta didik dapat menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn.
         b.   Peserta didik dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.

B.      Materi Ajar
        
            Mengenal diagram Venn.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Ø   Pertemuan Pertama dan Kedua
                    
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penggambaran himpunan-himpunan yang diberikan dalam satu diagram Venn, serta penyajian irisan dari dua himpunan dengan diagram Venn, dan penyajian gabungan dari dua himpunan dengan diagram Venn
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penyajian himpunan termasuk irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut. 

        
         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal  yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket
-        Buku referensi lain.

               F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu, kuis.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 

1.      Misalkan himpunan semesta S = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}. Diketahui
         A = dan E = {2, 4, 6}, maka buatlah diagram Venn dari .

2.      Gambarlah satu diagram Venn untuk menyajikan  dari himpunan .















                                                                                         


Kompetensi Dasar                        :     4.5.                  Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah.

Indikator                                    :  Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.

Alokasi Waktu                           :  6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.

B.      Materi Ajar
        
         Menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep himpunan.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Ø   Pertemuan Pertama dan Kedua
                    
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.

         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
c.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penyelesaian masalah yang melibatkan konsep himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
d.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai penyelesaian masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
e.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari buku paket mengenai penyelesaian masalah sehari-hari yang menggunakan konsep himpunan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.       Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai himpunan untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal  yang belum terselesaikan/dibahas di kelas



Ø   Pertemuan Ketiga
        
   Pendahuluan       :  Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai himpunan.
         Kegiatan Inti 
a.       Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.      Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.       Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d.      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang garis dan sudut.

E.      Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket
-        Buku referensi lain.

               F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu, kuiz, ulangan harian.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 

1.      Terdapat 25 siswa perempuan yang dikelompokkan menurut pilihan kesukaan “menjahit“ atau “memasak“. Ternyata terdapat 18 siswa perempuan suka menjahit, 13 suka memasak, dan 12 suka keduanya. Berapa siswa perempuan yang tiak suka menjahit dan memasak?

2.      Dalam satu kelompok siswa, 12 siswa gemar voli, 16 siswa gemar tennis, dan 11 siswa gemar kedua-duanya. Banyak siswa yang tidak gemar Matematika dan Sains adalah….

3.      Q adalah himpunan bilangan prima antara 1 dan 19. Banyak anggota Q adalah …
         a.  6                   c.  8
         b.  7                   d.  9




                          












































                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar